Sunday, November 8, 2015

Menjalankan aplikasi Ionic di Smartphone

Pada tutorial kali ini saya akan membahas bagaimana mencoba/mengetes aplikasi yang telah kita buat langsung di smartphone. Ada dua cara mengetes aplikasi kita langsung pada smartphone. Cara pertama, kita buka CMD, kemudian masuk ke directory tempat kita membuat aplikasi. Pada project yang saya buat, aplikasi terletak pada D:work/Mobile Apps/firstApp. Karena aplikasi Ionic yang saya buat ber platform android maka instruksi yang saya inputkan di CMD adalah sebagai berikut.

ionic build android


Jika platform yang anda buat adalah iOS maka android tinggal diganti dengan ios menjadi

ionic build ios

Setelah proses selesai, akan tampak tampilan berikut:



Aplikasi anda telah selesai di build dalam bentuk apk yang siap di pasangkan di smartphone anda. Kotak merah yang saya buat adalah lokasi dimana apk anda disimpan. Aplikasi saya tersimpan di directory D:\Work\Mobile Apps\firstApp\platforms\android\build\outputs\apk\android-debug.apk
Apk selesai dan tinggal di copy kan ke smartphone anda.

Cara kedua adalah menjalankan langsung di smartphone anda. Namun, agar smartphone anda bisa compatible dengan Ionic, anda terlebih dahulu memerlukan instalasi driver smartphone anda. Setelah terinstal, maka conect kan smartphone anda ke komputer, kemudian masukan instruksi berikut ke CMD di directory aplikasi anda.

ionic run android

Secara otomatis aplikasi anda akan terinstal di smartphone anda.
Demikian tutorial kali ini , semoga bermanfaat.

2 comments

Siang gan, saya mau nanya.. Instalasi driver smartphone maksudnya gimana ya gan? saya buat versi ios mungkin agan bisa bantu utk convert ke iphone saya. Terima kasih

Coba lihat di playstore dulu, dan banyak driver(aplikasi) ionic yg gunanya macam2. Pilih yg buat nge run-live nya, dan install di android. Trus sambungin pakai kabel sambungan(casan) ke laptop. Dan ketik cmd run Android.

Selesai..


EmoticonEmoticon