Sunday, February 14, 2016

Hal dasar yang perlu dipersiapkan untuk membuat aplikasi Android dengan ionic

Membuat aplikasi mobile android semakin hari semakin mudah. Banyak tools atau alat yang hanya dengan drag and drop saja sudah bisa membuat aplikasi android. Namun tools seperti itu banyak sekali keterbatasannya. Salah satu keterbatasannya dan yang membuat kita kurang PD (Percaya Diri) adalah selalu disematkannya logo perusahaan penyedia jasa tersebut. Kan kita menjadi kurang PD untuk publish nya juga.. Hehehehe.. :D
Beberapa tutorial sebelumnya saya sudah membahas bagaimana membuat aplikasi android dengan menggunakan ionic. Sudah saya jelaskan dari proses awal bagaimana membuat aplikasi android tersebut. Namun, cukup banyak yang menanyakan kepada saya hal dasar yang ternyata belum sempat saya jelaskan dalam blog saya ini.
Kali ini saya akan menjelaskan hal-hal dasar apa yang perlu kita persiapkan agar mudah dalam membangun sebuah aplikasi android dengan ionic.
Tentunya dengan menguasai hal dasar ini, kita akan mudah membuat aplikasi dengan ionic ini.
Baik, langsung saja. yang perlu dipersiapkan adalah setidaknya kita telah mengetahui dasar dasar dari HTML, CSS dan AngularJS.
Mempelajari HTML terlebih dahulu sebelum terjun dalam pembuatan aplikasi Android dengan ionic adalah satu pilihan yang tepat. Karena dengan memahami HTML terlebih dahulu anda tidak akan kesulitan dengan istilah-istilah atau tag-tag yang digunakan dalam ionic. Karena basic utama ionic adalah HTML. Seperti contoh kita memerlukan form, button, icon, image dalam aplikasi kita maka jika kita telah mengetahui tag-tag html, semua itu akan dengan mudah kita buat.
Selanjutnya adalah CSS, disini CSS sangat besar sekali perannya. Dimana dalam sebuah aplikasi android yang bagus, pasti di dukung dengan design aplikasi yang bagus juga. Nah, CSS disini berfungsi dalam mendesign aplikasi kita agar tampak cantik sesuai dengan apa yang kita inginkan.
CSS juga akan membantu kita agar aplikasi kita dapat cocok untuk semua screen smartphone. Atau dalam istilah design itu Responsive. Responsive disini memiliki makna design aplikasi kita akan menyesuaikan baik dengan screen yang digunakan.
Hal yang sangat penting selanjutnya adalah mempelajar AngularJS. AngularJS ini adalah Javascript yang telah dikembangkan lebih baik lagi oleh google sehingga banyak fitur yang dengan mudah kita gunakan dengan menggunakan angularJS ini. Jika tadi HTML dan CSS berfungsi sebagai design muka aplikasi kita, maka AngularJS ini berperan penting sekali dalam menghubungkan interaksi muka aplikasi kita dengan bagian belakang layar (Backend). Dalam kesempatan lain akan saya jelaskan apa itu BackEnd.
Fungsi pindah halaman, fungsi menghitung, fungsi button click, fungsi menyembunyikan atau menampilkan element tertentu dapat dengan mudah kita atur jika kita telah mengetahui dengan baik bagaimana menggunakan AngularJS.
nah ketiga hal dasar ini perlu dikuasai oleh rekan-rekan semua sebelum terjun lebih banyak di ionic.
Dengan mengetahui 3 skill dasar diatas. bisa dikatakan anda telah mengetahu hal dasar sebagai seorang Front-End Developer. :D
Di tutorial-tutorial selanjutnya Insyaallah akan banyak saya bahas ke 3 skill dasar ini.
Demikian Semoga bermanfaat.

This Is The Newest Post


EmoticonEmoticon